Usai Pilpres 2019, Sektor Properti Bangkit Lagi

Dikutip dari CBCIndonesia. Sudah jadi rahasia umum bahwa tren sektor properti nasional melambat sejak 2015. Kendati demikian, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) meyakini, properti akan kembali bergairah di tahun ini, diawali pada semester kedua setelah perhelatan Pilpres 2019 usai.

Direktur Independen CTRA Tulus Santoso mengatakan para pelaku pasar cenderung menunggu hasil perhelatan Pilpres yang akan digelar serentak pada 17 April mendatang.

Namun secara sektoral, ada peluang sektor properti kembali bangkit tahun ini seiring pulihnya sejumlah sektor lain.

“Mestinya diawali semester kedua, selanjutnya 2020-2021 bisa recover, karena sejak 2015 mulai turun. Siklusnya sudah 5 tahun harusnya sudah cukup kembali demand,” kata Tulus dalam acara Squawk Box CNBC TV Indonesia, Kamis (14/2/2019).

Perseroan mengapresiasi upaya bank sentral yang memberikan insentif untuk kembali menggairahkan sektor properti dengan relaksasi kebijakan rasio kredit terhadap nilai atau loan to value (LTV) di sektor properti guna mendorong pertumbuhan kredit perumahan. Kebijakan itu mulai berlaku pada awal Agustus 2018 yang memang diarahkan untuk golongan menengah ke bawah.

“Dengan adanya insentif relaksasi LTV, stabilitas bunga saat ini cukup mendukung sehingga membuat pasar mengena ke bawah bisa sustain,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *